Hewan Kesayangan Nabi Muhammad SAW

Standar

   

Kucing adalah salah satu hewan yang tidak diharamkan untuk dipelihara dalam agama ISLAM, karena makhluk lucu ini ternyata adalah hewan peliharaan yang disayangi oleh Rasulullah SAW.

Diceritakan dalam sebuah kisah, Nabi Muhammad SAW memiliki seekor kucing yg diberi nama Mueeza.
Pada suatu saat, dikala Nabi Muhammad SAW hendak mengambil jubahnya untuk di gunakan saat berpergian, ditemuinya Mueeza sedang terlelap tidur dengan santai di atas jubahnya. Karena tak ingin mengganggu tidur hewan kesayangannya itu, Nabi Muhammad SAW pun memotong belahan lengan jubah yang ditiduri Mueeza. Ketika Nabi Muhammad SAW kembali ke rumah, Mueeza terbangun dan langsung menundukkan kepalanya ketika melihat kedatangan Nabi Muhammad SAW. Sebagai balasan, Nabi Muhammad SAW pun menyatakan kasih sayangnya dengan mengelus lembut ke badan mungil kucing tersebut.
Dalam aktivitas lain, setiap Nabi Muhammad SAW menyambut tamu yang bersilaturahmi ke kediamannya, Nabi Muhammad SAW selalu menggendong Mueeza dan ditaruh di pahanya saat beliau duduk dan berbincang bincang dengan tamunya.

Salah satu kebiasaan Mueeza yang sangat disukai Nabi Muhammad SAW ialah kucing peliharaan beliau tersebut selalu mengeong saat adzan berkumandang, seolah-olah suaranya terdengar mengikuti lantunan suara adzan. Begitu sayangnya Nabi Muhammad SAW akan kucing peliharaannya itu.

Dalam kisah lain Diriwayatkan Ali bin al-Hasan dan Anas yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW pergi ke Bathhan, suatu daerah di Madinah. Saat berada di daerah tersebut Beliau melaksanakan shalat, lalu beliau berkata “ya Anas, tuangkan air wudhu untukku ke dalam bejana”. Maka Anas pun melaksanakan permintaan Rasulullah SAW tersebut. Ketika sudah selesai Nabi Muhammad SAW pun menuju bejana untuk berwudhu, namun seekor kucing pun datang dan menjilati bejana itu. Melihat hal demikian, Beliau pun menunggu sampai kucing tersebut berhenti minum lalu Beliau melaksanakan wudhunya. Nabi Muhammad SAW pun ditanyai oleh Anas yang menyaksikan Beliau yang berwudhu menggunakan air dalam bejana yang telah dijilati oleh kucing tersebut. Nabi Muhammad SAW menjawab “ya Anas, kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak dikotori sesuatu, bahkan tidak ada najis.”

Mengapa Rasulullah SAW mengatakan bahwa kucing tidak ada najis?
fakta mengenai hal ini terbukti kebenarannya karena setelah kucing diteliti dalam penelitian yang dilakukan di laboratorium khusus hewan, ditemukan hasil penelitian sebagai berikut:

1. Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi menolak telur bakteri. Otot kucing itu juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia.

2. Permukaan lidah kucing ditutupi oleh benjolan-benjolan kecil yang runcing, benjolan ini mengerucut seperti kikir atau gergaji yang sangat berguna untuk membersihkan kulit yg bisa membuang bulu-bulu mati dan membersihkan bulu-bulu yang tersisa di badannya. Saat kucing minum tidak ada setetes pun cairan dari lidahnya berkat adanya benjolan-benjolan kecil ini.

3. Kucing tidak suka air karena air merupakan tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri, terlebih pada genangan air lumpur, air hujan dan lain-lain. Kucing juga selalu menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya dengan tidak banyak berjemur dan dekat dengan air, tujuannya agar bakteri tidak berpindah kepadanya, inilah yang menjadi faktor tidak adanya kuman pada tubuh kucing.

Kesimpulannya, kucing 80% negatif berkuman dan ia lebih bersih dari bakteri daripada manusia. Hal inilah mengapa kucing dinyatakan tidak najis sebagai hewan peliharaan dan binatang yang badan, keringat, air liur maupun bekas dari sisa makanannya suci.

Nabi Muhammad SAW bersabda:
“Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita”
[HR. At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa'i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik]

Sumber : http://islamformeforyouforall.blogspot.com/2011/02/hewan-kesayangan-rasulullah-saw.html

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s